Apa Itu Penyakit Ginjal IgA Nephropathy? Diidap Abdee Slank usai Transplantasi pada 2016

Rabu, 25 September 2024 - 14:40 WIB
loading...
Apa Itu Penyakit Ginjal...
Abdee Slank terserang penyakit IgA Nephropathy dan harus mendapat perawatan di rumah sakit. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Abdee Slank tengah menjalani perawatan di rumah sakit sejak 19 September 2024 dan sempat masuk ruang ICU.

Adik Abdee Slank , Buddy Ace mengatakan perawatan kakaknya di rumah sakit untuk observasi terhadap kondisi ginjalnya, mengingat Andee sempat melakukan transplantasi ginjal pada 2016.



"Abdee dirawat sejak Kamis, 19 September. Untuk observasi terhadap kondisi kesehatan ginjalnya, hasil transplantasi sejak Januari 2016, dari hasil observasi November 2016," kata Buddy Ace kepada awak media, belum lama ini.

Selain itu, observasi ginjal Abdee juga sebagai tindak lanjut setelah sang musisi terserang autoimun atau IgA Nephropathy.

"Hasil observasi menunjukkan bahwa Ginjal hasil transplantasi 9 tahun lalu itu, kini diserang autoimun atau yang dikenal secara medis dengan sebutan, IgA Nephropathy," ungkap Buddy Ace.

Lalu, apa itu IgA Nephropathy yang diderita Abdee Slank? Melansir Mayo Clinic, IgA Nephropathy adalah kelainan ginjal, di mana antibodi (disebut IgA) terbentuk di jaringan ginjal.

IgA adalah antibodi yang berisi protein dan dibuat oleh sistem kekebalan untuk melindungi tubuh dari zat asing, seperti bakteri dan virus. Antibodi yang menumpuk di glomerulus ini akhirnya menyebabkan peradangan atau pembengkakan.

Hal ini menyebabkan pembengkakan atau peradangan yang dapat mempersulit ginjal untuk menyaring limbah dari darah. Hingga saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan penumpukan IgA di ginjal.

IgA Nephropathy sering kali memburuk secara perlahan selama bertahun-tahun. Namun, dampak jangka panjang dari penyakit ini bisa berbeda bagi yang mengalaminya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)